Perbedaan Pick Up dan Drop Off J&T (Antar ke Counter) di Shopee

Saat hendak memproses pesanan dari Shopee dengan pengiriman J&T, ada dua pilihan, yaitu “SAYA AKAN ANTAR KE COUNTER” dan “SAYA AKAN GUNAKAN JASA PICK UP (JEMPUT)”. Apa sih perbedaannya? Apakah bisa kalau pilih jemput paket, tapi kemudian paket dikirim drop point / kantor J&T terdekat?

Ada berbagai kemudahan dalam berjualan di Shopee. Salah satunya adalah nomor resi pengiriman di-generate secara otomatis oleh sistem, sehingga seller tidak perlu repot-repot memasukkan nomor resi pengiriman. Selain itu, dengan sistem ini, seller juga tidak perlu bayar ongkir. Seller juga bisa menggunakan layanan ekspedisi, sehingga tak perlu repot-repot ke kantor J&T untuk kirim barang. Tinggal tunggu kurir menjemput paket seller. Kemudian kurir yang akan membawa paket seller ke kantor J&T.

Saat seller atur pengiriman, jika toko seller mengaktifkan J&T, ada dua pilihan, yaitu antar ke counter, atau gunakan jasa pick up. Kalian pilih antar ke counter jika kalian mau kirim orderan dengan datang langsung ke kantor J&T. Jika kalian mau menggunakan layanan jemput paket J&T, maka pilih jasa pick up.

Lalu bagaimana kalau sudah memilih untuk menggunakan layanan jemput paket tapi kurir tak kunjung datang? Sebenarnya mau pilih pilihan yang manapun tak masalah. Misal, kalian pilih gunakan jasa pick up, tapi kemudian kalian malah kirim orderan tersebut ke kantor J&T, itu tak masalah, paket bisa diproses di kantor J&T.

Begitu juga sebaliknya. Jika kalian memilih antar ke counter, kalian tetap bisa meminta agar kurir menjemput paket kalian. Jika kalian mau menggunakan layanan jemput paket J&T, sebaiknya kalian punya nomor HP kurir J&T. Karena ada banyak kejadian, kurir J&T tidak jemput paket meskipun seller sudah memilih gunakan jasa pick up.

Jadi, kalau misal kalian mau menggunakan layanan jemput paket J&T, kalian minta dulu nomor HP kurir J&T di daerah kalian. Di J&T, kurir ada target pick up paket. Kurir J&T senang kalau banyak pick up paket. Kalau jumlah paket kalian banyak, itu malah bisa jadi rebutan kurir. Tapi, meskipun satu paket, harusnya kurir juga mau ambil paket. Tapi, jangan terlalu malam juga. Jangan sampai malam-malam minta jemput paket. Kurir juga perlu istirahat.

Lalu apakah layanan jemput paket J&T ada biaya tambahan?
Pengirim tidak perlu membayar ke kurir kalau menggunakan layanan jemput paket J&T. Kalaupun mau memberi tip ke kurir, itu sifatnya opsional, bukan kewajiban. Kurir J&T tidak boleh memungut biaya saat jemput paket, baik itu paket orderan lewat marketplace, maupun paket reguler. Kalau misalnya paket reguler, ongkos kirimnya sama saja, meskipun menggunakan layanan jemput paket.

Demikian pembahasan tentang pick up dan drop off J&T. Jadi, jika kalian mendapatkan pesanan di Shopee dengan pengiriman J&T, kalian bisa ke kantor J&T untuk mengirimkan barang pesanan dari pembeli, atau menggunakan layanan jemput paket dari J&T. Jika kalian memilih gunakan jasa pick up, kalian masih tetap bisa membawa paket tersebut ke kantor J&T, begitupun sebaliknya.

Jika ada pertanyaan terkait jualan di Shopee, silakan kirimkan lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi