Efek samping Justmine Beauty aman / berbahaya untuk wajah?

Kali ini aku mau review skincare yang cukup banyak diminati, yaitu Justmine Beauty. Katanya sih terdaftar di BPOM. Kalau begitu, berarti Justmine Beauty aman dong, tidak berbahaya? Kalau misalnya sudah ber-BPOM, berarti memang sudah lolos uji keamanan.

Waspadalah terhadap skincare yang nebeng produk ber-BPOM. Misal, suatu skincare sudah terdaftar di BPOM, kemudian penjual menjual skincare abal-abal satu paket dengan skincare yang sudah terdaftar di BPOM tersebut. Misalnya, produk-produk Justmine Beauty kan sudah ada nomor BPOM-nya, kemudian penjual menyertakan cream abal-abal dalam paket skincare tersebut.

Izin BPOM itu bukan per merk, tetapi per produk. Misal, Justmine Beauty sudah terdaftar di BPOM untuk produk krim siangnya, krim malamnya juga harus didaftarkan ke BPOM. Jadi, kalau ada produk yang diselipkan dalam paket skincare Justmine Beauty, maka produk tersebut juga harus terdaftar di BPOM.

Tapi, yang terjadi adalah, banyak penjual Justmine Beauty yang menyertakan produk cream yang katanya sebagai booster. Tapi, kemasannya polosan, tidak ada nomor BPOM-nya, tidak ada komposisinya. Apakah itu resmi dari pihak Justmine Beauty? Kalau misalnya, cream itu racikan dokter atau racikan apoteker, maka secara administrasi tidak memenuhi standar. Kalaupun memang cream racikan, maka harus disebutkan siapa yang meracik cream tersebut.

Tapi, kalau cream itu dari oknum reseller yang ingin mendapatkan keuntungan lebih, maka ini bukan kesalahan pihak Justmine Beauty. Hal seperti ini juga terjadi di skincare berinitial T (coba tebak apa merknya :D), produk-produknya aman, tapi diselipi cream abal-abal dalam paketnya.

Nomor BPOM Skincare Justmine Beauty

Night Cream: NA18200100665
Day Cream Habbats: NA18190124002
Serum: NA18191906060
Toner: NA18191234212
Facial Wash: NA18191234215
Acne Cream: NA18210104112
Body Spray Lotion: NA18200106601
Body Serum: NA18210100431
Peel Off Mask Brightening: NA18200200801
Body Scrub: NA18200711211
Justmine Spray Lotion: NA18200101087
Brightening Scrub Body Wash: NA18200700371
Peeling Spray: NA18200200252
Pink Jelly Glow: NA18211901795

Adapun untuk produsennya berbeda-beda. Skincare Justmine Beauty tidak hanya diproduksi di satu pabrik saja, tetapi di beberapa pabrik, yaitu CV. Cahaya Multi Mandiri, CV. Prima Anugrah Cosindo, PT. Sekawan Kosmetik Wasantara, PT. Janing Dermagio Kosmetik, PT. Cosmotech Multi Mandiri, PT. Adev Natural Indonesia.

Lho, kok bilang aman doang cuma berdasarkan nomor BPOM? Saya tidak perlu uji lab, saya juga tidak punya kapasitas seperti itu. Saya percaya dengan kredibilitas BPOM. Kalau sudah terdaftar, berarti sudah lolos uji. Lho, kan yang sudah terdaftar di BPOM belum tentu aman. Lagipula kalau tidak mengandalkan BPOM, mau mengandalkan apa? FDA? FDA kan di Amerika Serikat? Menunggu dibahas dokter di Youtube? BPOM sudah membagikan cara memilih kosmetik yang aman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk kosmetik yaitu kemasan, label, izin edar, tanggal kadaluarsa, dan cara penggunaan.

Kalaupun suatu kosmetik terdaftar di BPOM, maka nomor BPOM-nya dicantumkan di kemasan. Kalau cream dokter beda kasus, aturannya beda. Kalau ada produk yang katanya terdaftar di BPOM, tapi di kemasannya tidak ada nomor BPOM-nya, maka patut dicurigai. Harusnya dicantumkan, supaya calon konsumen bisa mengecek nomor BPOM tersebut apakah benar-benar terdaftar atau tidak.

Memang sih ada kasus di mana suatu produk yang sudah terdaftar di BPOM, begitu dites, eh malah mengandung bahan berbahaya. Ini bisa jadi karena yang dites adalah produk palsu. Atau bisa jadi yang diserahkan ke BPOM untuk diuji adalah produk yang aman, tapi eh yang dijual ke pasaran produk yang berbahaya.

Jadi, Justmine Beauty merupakan skincare yang aman digunakan, tidak berbahaya. Adapun efek samping yang bisa timbul akibat ketidakcocokan memakai produk ini berupa alergi. Apabila setelah memakai Justmine Beauty timbul alergi, maka sebaiknya hentikan pemakaian. Untuk mengetes cocok atau tidaknya, kalian bisa menggunakan produk Justmine Beauty di punggung tangan atau di belakang telinga terlebih dahulu.

Kalau kalian ingin mencobanya, usahakan gunakan produk Justmine Beauty yang sudah terdaftar di BPOM. Kalau cream yang katanya cream booster sebaiknya dihindari, karena produk tersebut tidak ada nomor BPOM-nya.

Jika kalian punya pengalaman menggunakan skincare Justmine Beauty, silakan berikan ulasan kalian lewat kolom komentar. Jika kalian berminat untuk memakainya, usahakan beli ke reseller atau agen resmi, supaya mendapatkan produk yang asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi