ads

Paket Lazada COD datang padahal tidak pesan

ads

Apakah Anda pernah mendapatkan kiriman paket Lazada sedangkan Anda tidak merasa pesan? Jika ada kiriman paket Lazada atas nama Anda dan sistem pembayarannya COD, sebaiknya tak usah dibayar. Pertanyaannya, kok bisa sih ada paket nyasar seperti itu?

Pembayaran COD adalah kemudahan dalam transaksi jual beli online. Dengan sistem COD, pembeli tak perlu membayar duluan ketika memesan barang lewat online. Pesanan dibayar ketika barang datang. Namun, sistem ini dimanfaatkan oleh seller nakal dengan mengirimkan paket dengan sistem COD kepada orang yang sebenarnya tidak pesan barang ke dia.

ads

Ada juga seller yang mengirim barang yang tak sesuai dengan pesanan pembeli. Ini bisa jadi disengaja, bisa juga karena memang kesalahan seller. Beberapa waktu lalu heboh ada penerima paket yang marah-marah ke kurir karena isi paket tidak sesuai dengan pesanan. Padahal kalau untuk paket COD, kemudian setelah dibuka, barang tidak sesuai pesanan, pembeli tinggal komplain ke seller yang bersangkutan.

Ada prosedur retur barang untuk paket COD. Kalau penerima tidak mau bayar paket, maka kurir tidak perlu menyerahkan paket tersebut. Jika paket sudah dibayar dan sudah dibuka, tapi ternyata isi paket tidak sesuai, penerima bisa menghubungi seller. Misal, kalau order di Lazada, penerima tinggal komplain ke toko Lazada di mana ia beli produk tersebut.

Tapi, belum tentu penerima langsung order ke Lazada. Bisa jadi pesan barangnya bukan lewat Lazada, tetapi seller memproses pesanannya lewat Lazada untuk memanfaatkan layanan COD. Misal, ada orang yang jualan di Facebook, kemudian mendapatkan pembeli tapi mintanya COD, seller tersebut kemudian memanfaatkan fitur COD Lazada untuk memproses pesanan pembeli.

Jika Anda pernah pesan barang dengan pembayaran COD tanpa lewat marketplace, tapi kemudian ada paket dari Lazada atau marketplace lainnya (yang mendukung layanan COD), bisa jadi itu karena penjual memanfaatkan fitur COD marketplace tersebut untuk memproses pesanan Anda.

Tapi, jika Anda tidak merasa pesan barang, maka tidak perlu diterima kalau ada paket COD. Kalau diterima, berarti Anda harus membayar paket tersebut. Kalau ada paket dengan alamat Anda tetapi atas nama salah satu anggota keluarga Anda, ini juga harus dikonfirmasi dulu, apakah dia benar-benar pesan barang atau tidak.

Apa nggak masalah kalau paket COD ditolak? Kan kasihan kurirnya
Kalau memang benar-benar tidak memesannya, maka tidak masalah kalau paket tersebut tidak diterima. Ketimbang harus keluar uang karena nggak enak sama kurirnya. Kurir juga harusnya bisa memaklumi kalau kejadiannya seperti ini. Ini bukan kesalahan Anda, bukan juga kesalahan kurir.

Anda tidak perlu membayar paket COD yang ditolak, dan tidak perlu mengganti ongkos kirim.

Kenapa ada paket Lazada datang padahal tidak pesan?
Jika Anda mendapatkan kiriman paket COD padahal tidak merasa pesan, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang yang mengalami hal ini. Ini adalah perbuatan dari seller nakal yang kirim paket COD ke sembarang orang. Bukan hal yang susah untuk mendapatkan alamat orang yang sering atau pernah belanja online. Tapi, saya rasa tak perlu saya jelaskan caranya di sini.

Untuk kirim paket, data yang diperlukan adalah nama, alamat, dan nomor HP. Data nama dan alamat bukanlah hal yang sulit didapat. Kalau nomor HP, meskipun nomor tidak bisa dihubungi, asalkan alamatnya jelas, paket bisa sampai.

Lalu bagaimana kalau ada pesanan barang dengan nama, alamat, dan nomor HP sesuai dengan data Anda tetapi Anda tidak pernah pesan barang tersebut? Kemungkinan Anda pernah beli barang lewat online, kemudian data Anda dimanfaatkan oleh seller nakal. Kalau paket COD tersebut dibayar, maka si seller untung. Begitu dibuka entah isinya sampah atau apa, paket tidak bisa dikembalikan, apalagi kalau nomor seller tidak bisa dihubungi. Mau marah-marah ke kurir? Siap-siap viral seperti kejadian yang sudah-sudah.

Bisa jadi ada paket COD atas nama Si A, Si A sedang tidak di rumah, yang menerima paket tersebut istrinya. Karena paket tersebut atas nama suaminya, dikiranya suaminya yang memesan barang tersebut, lalu si istri bayar paket tersebut ke kurir. Begitu kasih tau ke suami kalau paket yang ia pesan sudah datang, eh ternyata si suami tidak pesan barang tersebut. Berarti istri sudah tertipu. Mau komplain ke kurir, eh kurir cuma pengantar. Mau komplain ke Lazada, nggak bisa juga, karena yang pesan barang tersebut tidak menggunakan akun Lazada miliknya.

Jadi, kalau ada paket COD dari Lazada atau marketplace lain tapi Anda tidak pesan barang tersebut, sebaiknya ditolak saja. Anda tidak perlu membayar ke kurir. Tidak ada denda, maupun ganti ongkos kirim. Kurir tidak boleh meminta uang atas paket COD yang gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi