ads

Efek samping Umi Green Coffee apakah aman / berbahaya?

ads

Adakah efek samping mengonsumsi Umi Green Coffee? Apakah produk ini aman / berbahaya? Bagaimana cara minum Umi Green Coffee? Apakah manfaatnya benar-benar dapat meningkatkan berat badan?

Salah satu produk pelangsing yang sempat heboh beberapa tahun lalu adalah green coffee atau kopi hijau. Berbagai merk produk yang diklaim mengandung green coffee hadir di pasaran. Setelah tahun-tahun berlalu, ternyata produk seperti ini masih laris di pasaran. Salah satunya yang laris di pasaran Indonesia yaitu Umi Green Coffee. Pembahasan dalam postingan ini tidak hanya mencakup produk ini saja, tetapi membahas green coffee secara umum.

ads

Green coffee merupakan sebutan untuk kopi yang tidak melalui proses pemanggangan. Pada umumnya, kopi yang akan diolah menjadi minuman, harus melewati proses pemanggangan / sangrai terlebih dahulu. Karena proses inilah minuman kopi yang dihasilkan berwarna coklat atau hitam, dan lebih nikmat saat dikonsumsi.

Jadi, green coffee adalah biji kopi pada umumnya, bukan nama suatu jenis kopi tertentu. Lalu apa sih bedanya?

Proses pemanggangan biji kopi dapat menurunkan kadar senyawa yang disebut asam klorogenat. Zat inilah yang disebut-sebut dapat menurunkan berat badan. Green coffee menjadi terkenal untuk menurunkan berat badan setelah dibahas di acara Dr. Oz di Amerika Serikat pada tahun 2012.

Green coffee diklaim dapat menurunkan berat badan. Mengonsumsi ekstrak green coffee dalam 8-12 minggu tampaknya dapat sedikit membantu menurunkan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan atau orang yang mengalami obesitas.

Selain itu, dalam suatu penelitian, green coffee dapat meurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang memiliki hipertensi ringan. Namun, keefektifannya masih perlu pembuktian lebih mendalam.

Kandungan asam klorogenat pada green coffee diduga mempengaruhi cara tubuh dalam menangani metabolisme dan gula darah.

Adakah efek samping Umi Green Coffee?
Green coffee kemungkinan aman apabila diminum dengan tepat. Mengonsumsi ekstrak green coffee dengan dosis harian hingga 480 mg selama 12 minggu bisa dibilang aman. Sebaiknya jangan lebih dari itu.

Seperti kopi pada umumnya, green coffee mengandung kafein. Meskipun begitu, kandungan kafein pada green coffee lebih sedikit ketimbang pada kopi biasa. Akan tetapi, green coffee masih dapat menimbulkan efek samping yang berkaitan dengan kafein. Jadi, efek samping yang ditimbulkan seperti halnya minum kopi yang sudah dipanggang. Adapun efek samping dari mengonsumsi kafein diantaranya adalah insomnia, detak jantung meningkat, mual, muntah, sakit perut, gugup, dan gelisah.

Untuk ibu hamil dan busui, sebaiknya menghindari konsumsi green coffee, karena tidak ada cukup bukti kalau green coffee aman dikonsumsi dalam keadaan tersebut. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Artikel mengenai green coffee bisa dibaca di https://medlineplus.gov/druginfo/natural/1264.html. Artikelnya menggunakan bahasa Inggris. Jika kesulitan, silakan translate ke bahasa Indonesia menggunakan layanan Google Translate.

Klaim manfaat
Umi Green Coffee diklaim dapat menurunkan berat badan 1-5 kg / minggu, menurunkan kolesterol, melancarkan BAB dan haid, mengatasi keputihan, mengatasi asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengecilkan perut. Umi Green Coffee diklaim tidak memiliki efek samping dan dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Bisa kalian bandingkan sendiri, apakah manfaat itu benar, atau cuma klaim semata. Kalau klaim tanpa efek samping, tidak juga. Green coffee ada efek sampingnya. Meskipun termasuk herbal, bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Bahan alami bukan berarti aman.

Jika kalian mau mencoba produk ini, usahakan kalian tidak memiliki kondisi kesehatan yang dapat memburuk setelah mengonsumsi green coffee.

Hindari juga penambahan gula. Ikuti petunjuk pemakaian yang benar.

Kalau untuk informasi nomor BPOM Umi Green Coffee, saya tidak menemukannya.

Demikian pembahasan tentang green coffee, yang katanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berbagai produk hadir di pasaran dengan bahan dasar green coffee. Meskipun keefektifannya masih perlu dibuktikan, produk green coffee nyatanya laris di pasaran. Bagaimana menurut kalian tentang green coffee ini?

ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi