ads

Efek samping sabun Leafhea berbahaya / aman? Sudah BPOM?

ads

Adakah efek samping sabun Leafhea? Apakah sabun ini berbahaya atau aman digunakan? Apakah benar sabun Leafhea bisa memutihkan kulit wajah? Apakah bisa digunakan untuk wajah berjerawat?

Untuk bahasan kali ini saya mau membahas tentang sabun kecantikan yang cukup laris, yakni sabun Leafhea. Sabun ini katanya multifungsi, bukan untuk kecantikan saja, tetapi juga untuk pengobatan. Sabun ini juga disebut sebagai sabun sultan. Apapun sebutannya, apapun klaimnya, apakah khasiatnya sesuai yang diiklankan atau tidak, ini menjadi salah satu bahasan dalam postingan ini.

ads

Kalau dari namanya, penggunaan nama Leafhea tampaknya diambil dari kata “leaf” yang dalam bahasa Inggris berarti daun. Dugaan ini diperkuat dengan adanya gambar daun di kemasannya. Sedangkan untuk hea sendiri, saya tidak tahu diambil dari bahasa nama. Entah ada maksudnya atau sekedar penamaan saja.

Sabun Leafhea disebut gluta soap, sesuai dengan yang tercantum di kemasannya (Gluta Soap Leafhea). Di pojok kanan atas terdapat angka 7, menginformasikan kalau sabun tersebut mengandung 7 bahan aktif.

Klaim Khasiat Sabun Leafhea
Kegunaan sabun ini sesuai yang tertera di kemasan adalah membantu membersihkan dan merawat kulit wajah dan badan. Dari keterangan khasiat sabun Leafhea yang tercantum dikemasan, dapat disimpulkan bahwa sabun Leafhea bisa untuk wajah dan juga badan.

Khasiat yang tercantum di kemasan cuma itu saja. Tetapi, dalam promosinya, sabun ini dipromosikan sebagai sabun yang punya beragam khasiat seperti menghilangkan jerawat, menghilangkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menghilangkan kerutan, menghilangkan mata panda, menjadikan kulit wajah awet muda, sebagai antioksidan, serta memudarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Selain itu, sabun Leafhea juga diklaim bisa mengatasi berbagai masalah kulit, seperti bisul, iritasi, luka bakar, kurap, kudis, dan sebagainya.

Namun, itu hanyalah klaim. Khasiat tersebut tidak tercantum di kemasan. Adapun khasiat yang disebutkan di kemasan biasanya adalah khasiat yang disetujui oleh BPOM.

Pertanyaannya, benarkah sabun Leafhea memiliki berbagai manfaat seperti yang tercantum di brosur?

Untuk membahasnya, maka kita perlu tahu apa sih bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun Leafhea. Seperti yang tercantum di kemasan, sabun ini memiliki 7 bahan aktif. Adapun bahan-bahan aktif yang dimaksud yaitu glutathione, kolagen, jojoba oil, tea tree oil, minyak zaitun, aloe vera, dan spirulina.

Lalu kenapa bisa sabun ini diklaim dapat mengobati berbagai penyakit kulit? Misal, ada orang yang punya penyakit kudis, kemudian sembuh setelah rutin memakai sabun Leafhea. Itu nggak bisa langsung di-judge kalau sabun ini dapat mengobati kudis. Pembuktian seperti ini kurang valid kalau secara medis. Kegunaan sabun sebagai pembersih. Adapun kebersihan hanyalah salah satu faktor pendukung untuk kesembuhan penyakit kulit. Jadi, nggak bisa dibilang kalau sabun tersebut dapat mengobati penyakit kulit.

Terlebih lagi, izin BPOM sabun Leafhea adalah sebagai kosmetik, sehingga tidak boleh diklaim dapat mengobati penyakit tertentu.

Apakah sabun Leafhea aman?
Sabun ini diproduksi oleh CV. Zweena Adi Nugraha dan sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA18200500874. Sabun ini didistribusikan oleh PT Leafhea International Network. Karena sudah terdaftar di BPOM, berarti keamanannya telah diperiksa, sehingga sabun Lefhea bukan merupakan sabun berbahaya. Sabun ini bisa untuk cewek maupun cowok. Sabun ini juga diklaim aman untuk ibu hamil.

Adakah efek samping sabun Leafhea gluta soap?
Secara umum, sabun Leafhea aman digunakan. Tapi, jika setelah memakai sabun Leafhea timbul reaksi ketidakcocokan, seperti iritasi dan alergi, sebaiknya hentikan penggunaan. Usahakan untuk mengikuti aturan cara pakai yang sesuai yang tercantum di kemasan.

Penjual skincare banyak yang menggunakan istilah detox saat pembeli komplain kenapa setelah pakai skincare tersebut malah muncul jerawat. Padahal istilah detox ini tidak tepat digunakan untuk urusan ini. Munculnya jerawat, apalagi jerawat besar bahkan peradangan, bisa jadi itu tanda seseorang tidak cocok menggunakan suatu produk skincare.

Demikian pembahasan seputar sabun Leafhea. Bagi kalian yang sudah pernah mencobanya, kalian bisa kirimkan ulasan tentang sabun Leafhea di kolom komentar.

ads

1 Comment

  1. Hallo ..
    Aku salah satu pangguna sabun lafhea ,kenapa timbul jerawat terus gatalĀ² setelah beberapa menit mencuci muka dengan sabun lafhea ?. Apakah tidak cocok atau bagaimna kak ?
    Mohon penjelasannya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi