ads

Efek samping Green Mask Stick apakah aman / berbahaya? Sudah BPOM?

ads

Ada berbagai pertanyaan tentang produk Green Mask Stick, cara penggunaan, harga, produk ini dari mana, cocok untuk kulit sensitif atau tidak, keefektifan, nomor BPOM, keamanan, hingga efek samping Green Mask Stick.

TikTok kini menjadi salah satu referensi perempuan dalam mencoba skincare. Ada banyak pengguna TikTok yang me-review suatu produk skincare, ada yang benar-benar murni review hasil pemakaian, ada yang di-endorse, ada juga yang tujuannya untuk jualan produk.

ads

Ada banyak skincare yang populer karena TikTok. Banyak yang penasaran ingin mencoba produk yang viral di TikTok. Ada yang penasaran ingin membuktikan apakah hasilnya benar-benar seperti yang ada di video atau tidak. Tapi, hati-hati, tidak semuanya review jujur, ada juga yang melebih-lebihkan suatu produk. Yang lebih parahnya lagi adalah penipuan. Misal, sekali pakai suatu skincare wajah langsung putih.

Salah satu produk yang viral di TikTok adalah Green Mask Stick. Seperti namanya, produk ini berupa masker yang dikemas dalam bentuk stik, dan berwarna hijau. Untuk kalian yang penasaran ingin mencoba karena tertarik dengan video yang menunjukkan k*t*ran dari wajah keluar setelah pakai masker ini, kalian termakan promosi masker ini.

Beberapa Youtuber Indonesia mencoba membuktikan apakah Green Mask Stick efeknya benar-benar seperti itu atau tidak. Salah satunya adalah Youtuber Angel Lee. Dalam video-nya yang berjudul “MAGIC ! GREEN MASK STICK REVIEW VIRAL DI TIKTOK”, dia membuktikan kalau efeknya tidak sesuai dengan iklannya. Youtuber Ayu Fajar juga membuktikan hal yang sama.

Green Mask Stick diklaim bermanfaat untuk mencerahkan, membuat wajah kenyal, melembabkan, menutrisi kulit, menendalikan minyak, mengangkat k*t*ran, dan membersihkan pori-pori.

Kemudian untuk klaim bisa memutihkan wajah dalam sekali pakai, ini juga klaim yang berlebihan. Memang sih bisa, wajah tampak putih setelah pemakaian skincare. Tapi, itu efek dari skincare yang masih menempel di wajah, bukan warna kulit yang berubah. Kalau perubahan warna kulit itu perlu waktu, tidak seinstan itu. Kalau ada skincare yang diklaim dapat memutihkan wajah dalam sekali pakai, itu efeknya sementara. Efek putih yang dihasilkan karena zat-zat skincare yang masih menempel di wajah. Sama halnya seperti menggunakan bedak, wajah tampak putih, tapi kalau dibilas, kembali ke warna asal.

Apakah Green Mask Stick penipuan?
Kalau produk ini diklaim bisa mengeluarkan k*t*ran dari wajah dalam sekali pakai, ini adalah klaim yang berlebihan. Penipuan atau tidak, tergantung bagaimana cara penjual dalam mempromosikan produk tersebut. Kalau promosinya biasa saja, menjelaskan sesuai dengan apa yang tertera di kemasan, saya rasa tidak masalah.

Green Mask Stick produk dari mana?
Produk ini berasal dari China, bukan produk Indonesia.

Apakah sudah terdaftar di BPOM?
Untuk keamanan produknya, kalau memang produk ini berasal dari China, dan diproduksi oleh pabrik yang kompeten dan, harusnya sih ini bukan produk abal-abal. Tapi, kalau pertanyaan apakah Green Mask Stick ini sudah terdaftar di BPOM atau belum, jawabannya adalah belum.

Kalau memang produknya sudah diproduksi dengan standar keamanan yang ditentukan dan bahan-bahannya aman, meskipun belum terdaftar di BPOM, produknya belum tentu berbahaya. Karena BPOM kan lembaga di Indonesia. Sedangkan Green Mask Stick ini kan produk luar. Jadi, pabrik yang memproduksi produk ini tidak perlu ada izin dari BPOM.

Tapi, berdasarkan aturan di Indonesia, produk kosmetik yang dijual di Indonesia harus didaftarkan ke BPOM, baik itu produk buatan dalam negeri maupun produk dari luar negeri. Supaya penjualannya legal di Indonesia, maka distributor Green Mask Stick harus mendaftarkan produk ini ke BPOM. Banyak skincare buatan luar yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM.

Lalu adakah efek samping Green Mask Stick?
Untuk mengetahui efek samping dari Green Mask Stick, maka komposisinya harus diketahui terlebih dahulu. Sayangnya, keterangan di kemasan produk ini menggunakan huruf Mandarin.

Tapi, saya tidak menyerah. Saya coba cari informasinya. Ini kan produk berasal dari China. Setelah saya telusuri, saya menemukan salah satu supplier Green Mask Stick di situs alibaba.com (https://www.alibaba.com/product-detail/OEM-ODM-customizable-private-label-natural_1600169753429.html). Harga grosirnya mulai dari $0.79, atau sekitar 11 ribuan kalau dirupiahkan.

Di situ disebutkan beberapa bahannya, yaitu green tea extract (ekstrak teh hijau), glycerinum, dan vitamin E. Baik teh hijau maupun vitamin E, keduanya bagus untuk kulit wajah.

Tapi, saya tidak menemukan komposisi lengkap Green Mask Stick. Buat kalian yang tanya tentang efek samping produk ini, jika setelah pemakaian timbul iritasi atau alergi, maka sebaiknya jangan pakai produk ini lagi. Bagi yang punya kulit sensitif juga sebaiknya berhati-hati. Karena dari review orang yang sudah coba, setelah pemakaian, untuk membersihkan masker ini tidak mudah terangkat dengan tisu biasa.

Demikian pembahasan tentang Green Mask Stick.

ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi