ads

Cara Mengambil Uang COD di Shopee

ads

Bagaimana cara mengambil uang COD hasil penjualan di Shopee? Pencairan dana hasil penjualan dengan sistem COD di Shopee memerlukan proses. Penjual harus menunggu pembeli membayar pesanan. Setelah pesanan dibayar, itupun ada prosesnya, tak serta merta dana tersebut langsung masuk ke akun Shopee penjual.

Adanya opsi pembayaran COD di Shopee merupakan kemudahan bagi penjual maupun pembeli. Metode pembayaran ini menjadi pilihan banyak pembeli. Efeknya, penjualan pun meningkat. Banyak toko di Shopee yang mengalami peningkatan penjualan setelah mengaktifkan fitur COD.

ads

Metode COD dalam hal ini bukan berarti penjual dan pembeli harus ketemuan kemudian melakukan transaksi, tetapi menggunakan jasa ekspedisi sebagai perantara pengiriman barang dan pembayaran pesanan. Jadi, jika pembeli memilih metode pembayaran COD saat beli barang di Shopee, pembeli tersebut tak perlu membayar pesanannya di awal, melainkan ketika barang sampai, yakni ke kurirnya. Adapun jumlah yang harus dibayarkan adalah yang sesuai tercantum di resi (harga barang ditambah ongkir). Pembeli tidak perlu membayar biaya tambahan ke kurir.

Lalu bagaimana cara seller mendapatkan uang pembayaran COD hasil jualan di Shopee?
Dana COD yang telah disetorkan ke kurir kemudian diteruskan ke pihak ekspedisi, yang kemudian diteruskan di Shopee. Penjual bisa mendapatkan uang COD tersebut jika pesanan telah diterima pembeli. Kalau ditolak, maka tentu saja uang COD tidak masuk karena transaksi gagal. Jika ditolak, maka barang akan dikembalikan ke penjual. Dalam hal ini penjual tidak dibebani ongkos kirim.

Jika status paket telah diterima, uang akan masuk ke saldo penjual 2 x 24 jam kemudian. Tapi, bisa lebih cepat jika pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang di Shopee. Jika produk Anda terjual di Shopee dengan pembayaran COD dan produk sudah diterima pembeli tetapi dana tidak masuk ke saldo penjual, maka minta pembeli mengonfirmasi pesanannya supaya dana cepat masuk.

Jika dana COD sudah masuk ke saldo penjual, Anda bisa mencairkannya ke rekening bank.

Pesanan COD sudah dibayar pembeli, tetapi status paket belum diterima
Ada kasus di mana pembeli sudah membayar pesanan COD, tetapi status paket belum diterima. Hal ini bisa terjadi karena kurir belum menyetorkan dana COD sehingga pengiriman dianggap belum selesai. Kalau seperti ini, meski pembeli sudah terima barang, pembeli tidak bisa melakukan konfirmasi bahwa barang telah diterima di Shopee. Alhasil, dana COD pun belum masuk ke akun penjual.

Kalau terjadi seperti ini, ada baiknya untuk menghubungi pihak Shopee, pihak J&T, dan/atau kurir yang bersangkutan. Ada kasus dana COD baru masuk setelah sebulan lebih.

Sebenarnya kalau dari segi penjual di Shopee, metode pembayaran COD dan non COD sama saja, saldo penjualan baru bisa diterima setelah barang sampai. Bedanya, kalau paket COD lebih mudah ditolak ketimbang paket non COD. Kalau paket non COD, pembeli sudah bayar, kalau tidak diterima malah rugi. Sedangkan kalau paket COD, kalau penerima menolak, ia tidak rugi. Efeknya cuma pemblokiran fitur COD (pemblokiran ini sifatnya sementara) di akunnya jika sudah dua kali menolak paket COD.

Demikian pembahsan tentang cara mengambil uang hasil penjualan dengan sistem COD di Shopee. Layanan COD patut dipertimbangkan bagi penjual yang berjualan di Shopee. Layanan ini dapat meningkatkan penjualan. Namun, bagi seller yang mengaktifkan layanan COD harus siap terima risiko kemungkinan barang diretur. Mengaktifkan atau tidak, itu adalah pilihan. Di Shopee, penjual tidak diharuskan mengaktifan pembayaran COD, sifatnya opsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi