ads

Apakah Jakmall penipuan? Kekurangan Dropship di Jakmall

ads

Apakah website jakmall.com penipuan? Banyak dropshipper yang bergabung menjadi member affiliate Jakmall. Dengan biaya keanggotaan sebesar Rp350.000, apakah in recommended? Apakah harga barang di Jakmall lebih murah ketimbang harga di Shopee?

Salah satu hal penting sebelum memulai bisnis dropship ialah mencari supplier. Kalau dropshipper mau berjualan di marketplace, supaya harga barangnya bisa bersang dengan seller lain, salah satu caranya adalah dengan mencari supplier yang menyediakan harga murah, kalau bisa lebih murah dari harga di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada.

ads

Kalau mau menjalankan bisnis dropship di marketplace, tapi harga barang dari supplier lebih mahal dari harga di marketplace, maka ini berat. Jualan di marketplace itu lebih mudah kalau banting harga, yaitu menjual barang dengan harga lebih murah ketimbang seller lain. Kalau harga barang dari supplier lebih mahal, bagaimana mau bersaing?

Memang bisa sih menjual barang dengan harga lebih mahal. Dengan kata lain, dropshipper tidak harus ikut perang harga di marketplace. Ada trik supaya dropshipper mendapatkan orderan tanpa harus perang harga di marketplace.

Apakah Jakmall penipuan?
Jakmall merupakan marketplace yang terpercaya, bukan penipuan. Dalam artian, mereka benar-benar mengirim pesanan pembeli. Namun, kalau ada keluhan barang tidak sesuai dengan pesanan, itu adalah hal yang wajar terjadi di marketplace. Bukan hanya Jakmall, bahkan beli barang di Shopee, Lazada, atau marketplace lain, ada kemungkinan barang yang dikirim tidak sesuai pesanan. Yang penting kalau misal ada ketidaksesuaian barang yang dikirim dengan barang yang dipesan, pihak marketplace mau menyediakan solusi atas permasalahan tersebut.

Jadi, Jakmall itu bukan penipuan. Barang yang dipesan benar-benar dikirim. Adapun kalau masalah kualitas, namanya juga buatan manusia, kadang ada barang yang tak berfungsi. Apalagi harga barang di Jakmall itu murah-murah, barang import dari China.

Apakah Jakmall recommended buat dropship?
Sebelum gabung ke Jakmall, sebaiknya kalian membaca syarat dan ketentuan layanan di Jakmall, sehingga kalian benar-benar yakin mau gabung atau tidak. Jangan sampai sudah bayar biaya keanggotaan tapi malah menyesal setelah gabung. Ada sejumlah hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum bergabung menjadi member affiliate Jakmall.

– Support resi otomatis non COD J&T dari Shopee dan Bukalapak
Resi otomatis J&T yang di-support Jakmall adalah resi otomatis non COD J&T dari Shopee dan Bukalapak. Itu artinya, kalau kalian ikut dropship Jakmall, jualannya di Shopee, maka sebaiknya pilihan COD-nya dinonaktifkan. Karena yang di-support resi otomatis J&T dari Shopee dan Bukalapak, maka jasa pengiriman yang diaktifkan sebaiknya J&T saja. Resi otomatis J&T dari Tokopedia dan Lazada belum di-support.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menggunakan jasa order barang di Jakmall. Kalau pakai cara ini, kalian tidak perlu repot-repot jadi member affiliate Jakmall, tapi ada biaya penanganan ke pihak penyelenggara jasa.

– Support resi otomatis Sicepat
Jakmall sudah support resi otomatis SiCepat Regular dan SiCepat Halu dari Shopee, Bukalapak, dan Tokopeia.

– Keanggotaan akan dinonaktifkan jika tidak ada orderan dalam waktu tertentu
Biaya keanggotaan affiliate Jakmall adalah Rp350.000, dan ini adalah sekali bayar, bukan bulanan ataupun tahunan. Tapi, member harus aktif. Dalam 1 bulan minimal 1 kali pesan ke Jakmall. Kalau dalam waktu 1 bulan tidak order ke Jakmall, maka keanggotaan akan dinonaktifkan. Kalau mau ikutan lagi, harus bayar lagi.

Poin ini juga harus dipertimbangkan. Sebelum bergabung, pikirkan apakah dalam waktu 1 bulan kira-kira bakal order atau tidak. Bagi kalian yang baru mulai dropship di marketplace, pertimbangkan hal ini sebelum ikutan jadi member affiliate Jakmall. Sebaiknya belajar dulu bagaimana cara mendapatkan orderan. Kalau sudah lancar, sudah dapat orderan minimal 1 pesanan dalam 1 bulan, bisa kalian pertimbangkan untuk bergabung ke Jakmall.

Untuk dropship barang=barang dari Jakmall, kalian tidak harus bergabung menjadi member affiliate Jakmall. Kalian bisa gunakan jasa order barang di Jakmall.

– Biaya dropship Rp2.200
Selain bayar biaya keangotaan, member juga dikenaik biaya layanan Rp2.200 per orderan.

– Banyak barang dengan harga lebih murah dari harga di Shopee
Ada banya barang yang ditawarkan di Jakmall. Memang ada barang yang harganya lebih mahal ketimbang harga di Shopee. Tapi, saya sudah cek, ada banyak sekali barang dengan harga lebih murah di Jakmall ketimbang di Shopee. Banyak dropshipper yang jualan di Shopee ambil barangnya di Jakmall. Kalau dari segi harga, barang-barang yang dijual di Jakmall masih cocok di-dropship-kan.

Kalau jualannya di marketplace, memang sih persaingannya keras, susah mendapatkan orderan kalau ambil untung banyak. Maka dari itu, sebaiknya tidak ambil untung banyak.

Untuk pembayaran transaksi juga ada biaya adminnya, tergantung pemilihan pembayarannya. Misal, untuk metode pembayaran lewat e-pay BRI dikenakan biaya transaksi sebesar Rp3.500 per transaksi. Kalau lewat Indomaret biaya transaksinya Rp2.500 per transaksi.

Sebenarnya untuk mengikuti program dropship Jakmall, tidak ada keharusan untuk membayar biaya keanggotaan. Tapi, biaya layanannya per pesanan adalah Rp5.000, dan tidak support resi otomatis, hanya resi manual saja.

Itulah beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum bergabung ke dalam program afiliasi Jakmall. Resi otomatis yang di-support masih terbatas, dan tidak mendukung pesanan COD. Kalau kalian dropship Jakmall, jualannya di Shopee, sebaiknya nonaktifkan saja pilihan COD-nya. Kalau COD-nya diaktifkan, kemudian ada pesanan COD yang ditolak, barang kan akan dikembalikan ke pengirim. Sedangkan dropshipper sudah membayar lunas barang tersebut. Ini merepotkan kalau kita sebagai dropshipper tapi menerima pembayaran COD.

ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dilindungi